Sabtu, 19 Maret 2016

Kegiatan Bakti Sosial Fakultas Tarbiyah dan Dakwah

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Bakti Sosial  (BAKSOS) diselenggarakan oleh gabungan BEM Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri dilaksanakan di dusun Besuki kampung Badut Kabupaten Kediri jawa timur pada tanggal 21-29 Desember 2015.
Baksos kali ini nampak berbeda dengan baksos tahun lalu, yang mana dulu baksos di adakan oleh masing-masing fakultas, namun kali ini di adakan langsung dua fakultas, tarbiyah dan dakwah. Dan masing-masing di bagi menjadi 5 pos, stiap pos terdiri dari 10 sampai 12 peserta, dan di antara 5 pos ini di bagi menjadi dua tempat, pertama bertempat di Dusun besuki, desa jugo, dusun ini di tempati oleh pos 1 dan 2, dan kedua bertempat di Dusun badut desa besuki, dusun ini di tempati oleh pos 3,4 dan 5.
Kegiatan ini bersamaan dengan bulan robiul awal dimana pada bulan ini nabi muhammab SAW di lahirkan, oleh karena itu banyak sekali kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat, terutama memperingati maulid nabi Muhammad SAW, momentum ini menjadi kesempatan bagi peserta baksos untuk lebih dekat dengan masyarakat contoh di pos 1 di adakanya maulid nabi oleh warga dan peserta baksos, peringatan maulid kali ini di buat berbeda dengan maulid tahun lalu, yang biasanya hanya membaca tahlil setelah itu makan bersama, namun kali ini masyarakat meminta untuk di buat berbeda, salah satunya dengan di isi mauidoh hasanah oleh peserta baksos, kali ini saudara azizi di tunjuk untuk menjadi pembicara,tapi sebelum di mulai acara peringatan maulid terlebih dahulu di isi dengan sholawat diba’i oleh grup hadroh Al-Hilmi dari Tribakti.
Selain acara maulid nabi yang bisa mendekatkan antara masyarakat dan peserta baksos di adakan juga kerja bakti bersama masyarakat seperti gotong royong membersihkan tanah longsor yang menutupi jalan, terutama di kawasan antara pos 3 dan 4 yang memang sering terjadi longsor di daerah tersebut. Di sebabkan tanah yang tinggi dan jurang, oleh karna itu masyarakat menghimbau kepada peserta baksos dan para wisata untuk berhati-berhati ketika melewati daerah tersebut terutama pada waktu-waktu sekarang yang sedang musim hujan.
Kegiatan ini berlangsung sampai hari akhir waktu baksos kembali. 
Dan sebagian besar peserta baksos merasa berkesan telah melakukan kegiatan di desa ini. Terutama msyarakat yang mearasa kehilangan karena telah ditinggalkan peserta baksos, bahkan sebagian masyarakat ada yang menangis pada detik-detik terakhir peserta baksos pulang, dan mereka mengharapkan untuk baksos yang akan datang agar di adakan kembali di desa mereka karna mereka senang desanya di buat bakti sosial oleh mahasiswa TRIBAKTI.  (zizunk)
Dokumentasi Kegiatan