Sabtu, 11 November 2017

Seminar Pendidikan BEM-FT (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah)

Suasana seminar pendidikan
Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) telah sukses menyelenggarakan Seminar Pendidikan, bertempat di Aula Tarbiyah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Senin (6/11). Seminar berlangsung lancar dengan jumlah peserta yang melebihi target dari jumlah yang diharapkan panitia pelaksana kegiatan sebelumnya.
Suasana seminar pendidikan karakter di aula tarbiyah IAIT Kediri
Lutfi Azis selaku ketua pelaksana mengungkapkan, sebelumya ia menargetkan peserta yang hadir mengikuti seminar sebanyak 150 orang, namun pada saat kegiatan ternyata peserta yang hadir jauh lebih banyak dari yang diharapkan. “ Suatu syukur besar untuk kami panitia, karena awalnya kami menargetkan 150 orang peserta, namun peserta yang hadir mengikuti seminar mencapai 230 orang. Antusias peserta yang besar juga patut di apresiasi,” ungkapnya

pada kesempatan kali ini, panitia mendatangkan Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag, sebagai pemateri Caracter Building atau pendidikan karakter, beliau asesor BAN-PT juga dosen tetap IAIN Tulungagung.


Panita dan pemateri seminar pendidikan


Setelah membaca dan mendiskusikan presentasi pemateri seminar pendidikan dengan tema "Peranan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bangsa".  dapat diperoleh kesimpulan.

Pendidikan Karakter adalah cara berfikir, berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam keluarga, masyarakat, bangsa, maupun Negara.Fungsi dari pendidikan karakter mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berfikiran yang baik.Tujuan dari pendidikan karakter yaitu membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerjasama atau bergotong royong.Adapun pendidikan karakter perspektif Islam yaitu, At-ta’lim, pengajaran yang bersifat pemberian atau penyampaian pengertian, pengetahuan, dan keterampilan. At-Tarbiyah, tindakan mengasuh, mendidik, dan memelihara.Proccesing pendidikan karakter terbagi menjadi 4 :

Causa Eficiens (Bagaimana)

Causa Formalis (Menurut rencana apa)

Causa Materialis (dengan apa)

Causa Fin4alis (Untuk apa Pendidikan).
Senyum panita seminar pendidikan.













Reporter: Nurul Amalia (Mahasiswi PAI semester III)