BEM Fakultas Tarbiyah angkat tema Rekontruksi Paradigma Pendidikan Islam dan Barat dalam Diskusi Fakultatif

BEM-FT- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tribakti Kediri kembali menggelar dikusi Fakultatif di Aula KH. Mahrus Ali, tema yang diangkat “Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam dan Barat.” Rabu, (17/02/2021)

Diskusi kali ini mencoba memberikan pandangan tentang persoalan yang sedang dan akan dihadapi dalam pendidikan Islam dengan membedah tokoh pemikiran Islam seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Al-Ghozali dan tokoh Barat Plato, Aristoteles.

Narasumber yang dihadirkan Mukhlison, M.Pd.I Dosen Filsafat IAI-Tribakti juga Wakil Dekan I Fakultas Dakwah. Dalam paparannya beliau menjelaskan empat bagian transisi ilmu pengetahuan dalam Islam. Pertama, Masa Pertumbuhan (Rise) masa dakwah Nabi Muhammad SAW; Kedua Masa kejayaan (Peak) pada masa Abbasiyah; Ketiga Masa Kemunduran (Decline) pasca Abbasiyah dan Keempat Masa Pembaharuan (Modernis). Disinilah pendidikan Islam berusaha membangun kembali kejayaan yang pernah diraih pada masa Abbasiyah.

Meskipun hujan sangat lebat namun peserta tetap bersemangat, adanya pro dan kontra menjadi sebuah kehangatan tersendiri dalam forum diskusi ini.

“Saya berharap kajian semacam ini terus diadakan, entah dari BEM-FT atau peserta yang mengikuti diskusi¬† atau dilakukan secara kolektif. Karena kajian ini sangat penting dalam pendidikan yang memberikan pandangan sangat luas untuk menjawab tantangan zaman.” Tutur Romadhoni salah satu peserta diskusi.

About Humas Tarbiyah

Check Also

Produktif Saat Pandemi, Mahasiswa Baru PIAUD ikuti Lomba Tingkat Nasional

PPS PIAUD (Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini) Indonesia mengadakan Lomba Kreativitas Mahasiswa …