Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Pendidikan di Indonesia

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) IAI-Tribakti menggelar Webinar pendidikan bertajuk “Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai Akar Tradisi Dan Integrasi Pendidikan Di Indonesia” Minggu (07/03/2021), di Aula KH. Mahrus Aly IAI-Tribakti.

Pada Webinar ini Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) menghadirkan sejarawan Indonesia yang juga salah satu tokoh besar Nahdlatul ‘Ulama, Kyai Ngabehi Agus Sunyoto, M.Pd. dan Dewan Pendidikan Kabupaten Kediri H. Mahfudh Asy-Asyairazy, M.Pd.I yang menjadi pembicara pada Webinar kali ini.

H. Mahfud mengungkapkan, saat ini kita perlu melakukan penyadaran-penyadaran terhadap generasi kedepan yang tetap mempertahankan nilai-nilai dan akar tradisi yang sudah dianut oleh leluhur, sangat disayangkan kalo semisal ada seseorang yang semakin tinggi seratus pendidikannya justru akhirnya malah memudar nilai akar tradisi dan budaya bangsanya.

“ini yang perlu menjadi indentifikasi secara serius, karena apa pada realitanya nilai-nilai filsafat positivisme itu justru tidak semakin melekatkan produk pendidikan kita yang terjadi justru sebaliknya mengalami kelunturan, kelonggaran bahkan bisa jadi lepas dari nilai akar tradisi dan budaya kita” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah IAI-Tribakti berkata bahwa sinergitas antara pemerintah dengan pihak lain (lembaga pendidikan dan pendidik) merupakan hal yang penting dalam mengembangkan pendidikan diindonesia

Pada webinar ini diikuti sekitar 70 peserta offline dan 256 peserta online termasuk diantaranya 100 melalui zoom 156 melalui YouTobe IAI-Tribakti Kediri.

“Dengan diadakannya seminar ini kami sangat berharap kedepannya pendidikan Indonesia mampu berevolusi kearah yang lebih baik lagi tanpa meninggalkan nilai-nilai akar tradisi dan budaya yang dibawa oleh para leluhur kita, dan kita sebagai calon pendidik harus tersadarkan serta mampu membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih baik lagi” ucap Dila Nuraida ketua pelaksana Webinar Pendidikan BEM-FT IAI-Tribakti.

About Humas Tarbiyah

Check Also

Produktif Saat Pandemi, Mahasiswa Baru PIAUD ikuti Lomba Tingkat Nasional

PPS PIAUD (Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini) Indonesia mengadakan Lomba Kreativitas Mahasiswa …