WEBINAR PGMI: Kesiapan Madrasah Menghadapi Dinamika Perubahan Kurikulum Era Covid 19

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) IAI-Tribakti bersama prodi PGMI menggelar Webinar PGMI dengan tajuk “Kesiapan Madrasah Menghadapi Dinamika Perubahan Kurikulum Era Covid 19” Sabtu (29/05/2021), di Aula KH. Mahrus Aly IAI-Tribakti.

Pada Seminar ini Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) bekerja sama dengan prodi menghadirkan Guru Besar Bidang Kurikulum Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. dan Pengawas Madrasah Kota Kediri Hj. Emi Rosyidah, M.Pd.I. yang menjadi pembicara pada seminar kali ini. Tidak ketinggalan Wakil Rektor II IAIT Tribakti Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. sebagai keynote speaker.

Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd. sebagai keynote speaker sekaligus membuka seminar mengungkapkan, di era baru pandemi seperti ini tentu banyak merubah dan penataan kembali terkait kurikulum yang ada. Ada 4 landasan penting terkait pengembangan kurikulum. Pertama terkait landasan filosofis suatu negara, kemudian ada landasan sosiologis, selanjtunya ada landasan psikologis, dan terakhir sesuai dengan perubahan teknologi yang terjadi.

Hj. Emi Rosyidah, M.Pd.I. sebagai narasumber yang pertama menyampaikan materi mengungkapkan bahwa masalah utama yang menjadi akar pembelajaran daring yang dilakukan saat ini adalah rasa kebosanan antara guru dan murid dimana kebosanan tersebut akan menyebabkan learning loss. Kesiapan utama madrasah dalam menghadapi pembelajaran daring era covid-19 mencakup pengelolaan sarana dan prasarana kelas, pemantauan kondisi kesehatan, sosialisaasi kesehatan, dan lain sebagainya.

Sejalan dengan hal tersebut Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. sebagai narasumber selanjutnya menambahkan, konsep kurikulum yang digunakan di era Pandemi bisa berupa kurikulum 2013, kurikulum khusus, maupun kurikulum mandiri. Beliau menambahkan kurikulum darurat merupakan kurikulum yang disusun madrasah sesuaidengan kondisi dan kemampuan madrasah karena adanya kondisi darurat. Pembelajaran selama masa darurat sendiri menyesuaikan kondisi madrasah, dapat dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat atau dengan pelaksanaan pembelajaran daring.

Pada Seminar ini diikuti sekitar 35 peserta offline dan 114 peserta online termasuk diantaranya 100 melalui zoom 19 melalui YouTobe IAI-Tribakti Kediri. Peserta terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Guru- Guru MI, dan Masyarakat pemerhati pendidikan.

“Webinar PGMI terkait kurikulum ini diharapkan menjadi cikal bakal seminar-seminar yang dilakukan oleh prodi PGMI ke depanya” ucap Auza’i Aqib sebagai salah satu panitia pelaksanaan Webinar PGMI IAI-Tribakti.

About Humas Tarbiyah

Check Also

SEMARAK DIES MAULIDIYAH PRODI PIAUD YANG KE-1

Program Studi PIAUD gelar dies maulidiyah pertama bekerjasama dengan BEM Fakultas Tarbiyah dalam acara gebyar …