Pembukaan dan Pembekalan PPL Fakultas Tarbiyah Tahun 2022

Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diikuti sebanyak 340 mahasiswa terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada hari Ahad. (12/09/2022).

Pembekalan dilakukan dengan maksud memberikan pengarahan secara teknis terkait pelaksanaan dan pelaporan agar sasaran serta tujuan PPL tahun ini dapat tercapai secara maksimal. Selain itu, mahasiswa juga dibekali bagaimana cara mendeteksi kemungkinan permasalahan yang muncul di tempat PPL. Rapat Koordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga dilakukan sebelum acara pembekalan untuk merumuskan dan menyepakati bersama Buku Pedoman PPL dan teknis pelaksanaan.

Kegiatan pembekalan dibuka oleh Rektor IAI-Tribakti Kediri Dr. KH. Reza Ahmad Zahid Lc MA. sekaligus menandai secara resmi seluruh rangkaian kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah Tahun 2022, Hadir juga Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. H. Badrus, M.Pd, Dekan Fakultas Tarbiyah, M. Arif Khoirudin, M. Pd.I dan seluruh jajaran Dekanat dan tenaga pendidik Fakultas Tarbiyah.  Kegiatan ini pun dipantau langsung oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) sebagai bentuk penjagaan mutu kegiatan di lingkungan IAIT Kediri.

Kegiatan PPL tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan hanya satu bulan dengan pendampingan DPL rata-rata 4 kali pertemuan, sedangkan pelaksanaan tahun ini selama 2 bulan dengan kewajiban pertemuan dengan DPL sebanyak 8 kali. Menurut M. Arif Khoiruddin, M. Pd.I perubahan ini sebagai wujud komitmen Fakultas Tarbiyah melaksanakan PPL sesuai dengan ketentuan kebijakan dan Standar Mutu Internal Tribakti,  Ujar Dekan Tarbiyah dalam sambutan pembekalan.

Rangkaian materi pembekalan diantaranya pengenalan lingkungan sekolah, perangkat pembelajaran dan teknis pelaksanaan PPL. Materi pengenalan lingkungan sekolah disampaikan Emy Rosyidah, M.Pd.I, selaku Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Kediri. Materi perangkat pembelajaran disampaikan oleh Drs Suryono, M.Pd.I Kepala MAN 1 Kediri dan teknik pelaksanaan PPL, Bapak Auza’i Aqib, M.Pd. selaku panitia dan materi- materi tersebut diperdalam dalam diskusi kelompok antara peserta PPL dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Adapun rangkaian kegiatan PPL tahun ini adalah dua minggu pertama, mahasiswa melakukan observasi, satu bulan selanjutnya melakukan pelaksanaan pembelajaran di Kelas dan dua minggu terakhir penyusunan laporan. Dalam proses observasi, mahasiswa diarahkan memahami situasi, kondisi dan permasalahan di lokasi PPL. Di saat bersamaan, mahasiswa melakukan bimbingan untuk menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran ( RPP), dan instrumen pembelajaran lain. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa menerapkan strategi dan metode pembelajaran. Dan dua minggu terakhir, melakukan penulisan laporan dengan konsultasi terhadap DPL.

Sebagai rangkaian terakhir kegiatan pembekalan PPL, mahasiswa peserta PPL melakukan pertemuan dengan DPL untuk membahas rencana kegiatan selama PPL. Pada saat bersamaan, Panitia memberikan form evaluasi kegiatan, hal ini sebagai data untuk melakukan perbaikan PPL pada tahun-tahun berikutnya.

About Humas Tarbiyah

Check Also

Mahasiswa PAI Lolos Simposium MU’TAMAD 2022 di Jakarta

Oktober, bulan yang penuh barokah dimana pesantren Indonesia merayakan hari santri tepat pada tanggal 22 …