KaProdi PGMI dan Tadris Matematika Ikuti Pelatihan Penguatan Jurnal Berbasis Kebutuhan Prodi di Surabaya

Fakultas Tarbiyah mengirimkan dua Kaprodi untuk mengikuti acara penguatan jurnal berbasis kebutuhan Prodi. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai sarana penguatan forum komunitas prodi di bawah Kopertais IV Surabaya. Kaprodi yang dikirimkan Bapak Auza’i Aqib, M.Pd. sebagai Kaprodi Tadris Matematika dan Bapak Ahmad Khoirul Mustamir, M.Pd., sebagai Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sekaligus sebagai Koordinator Bidang Eksternal dan Kerjasama Forum Prodi PGMI Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin dan Selasa (12-13) September 2022 di Gedung GreenSa Inn Surabaya. Latar belakang kegiatan ini karena pengelolaan dan penerbitan jurnal menjadi salah satu kewajiban perguruan tinggi dan pengarahan perjalanan forum prodi – prodi agar bermutu dan berdaya saing global. Menurut Koordinator Kopertais IV Surabaya, kegiatan-kegiatan seperti ini (pengelolaan jurnal dan penguatan prodi) menjadi bagian atau komitmen Kopertais IV untuk memajukan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTKIS) di Jawa Timur.Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan semangat antusiasme dari PTKIS di Jawa Timur. Terbukti, jumlah peserta undangan yang seharusnya 105 terdiri perwakilan PTKIS, bertambah 50%. Fakta ini menunjukkan bahwa geliat pengembangan PTKIS di Jawa Timur sangat tinggi. Menurut Ketua Panitia, antisuas peserta sangat tinggi dalam kegiatan ini. Hal ini menunjukkan bahwa PTKIS di Jawa Timur akan berkemabang dengan sangat baik.Dengan konsisi demikian, maka Kopertais Wilayah IV Surabaya mempunyai kewajiban untuk mendampingi dan melakukan penguatan. Karena, tantangan dan kewajiban dosen, prodi swasta sangat tinggi kedepannya. Salah satu kewajibannya, adalah membentuk mitra kerjasama berbasis kebutuah prodi guna meningkatkan mutunya. Untuk itu rekomendasi yang diajukan oleh Forum Prodi Kopertais IV adalah sinergitas kegiatan Forpim Kopertais IV dengan Forum Prodi Kopertais IV.

Dalam konteks dan semangat itu, segenap Pimpinan Institut Agama Islam (IAIT) Kediri menyambut dengan sangat baik. Semangat ini sejalan dengan usaha Pimpinan IAIT Kediri untuk meningkatkan mutu kelembagaan untuk menghilangkan mitos perguruan tinggi swasta di bawah naungan pesantren tidak mempunyai mutu dan daya saing. Menurut Arif Khoiruddin, S.Sos.I, M.Pd, kita akan terus meningkatkan mutu di IAIT Kediri agar mampu bermutu dan berdaya saing tinggi. Sebagai komitmen ini, Fakultas Tarbiyah akan mengfasilitasi penyelenggaraan rapat AD/ART Forum Prodi PGMI.Tidak sampai di situ, komitmen IAIT Kediri akan membuat jurnal baru berbasis prodi. Meskipun, sejarah membuktikan bahwa IAIT Kediri merupakan PTKIS di Kopertais Wilayah IV yang sangat konsen pada jurnal berbasia OJS. Terbukti, pengelolaan jurnal Tribakti mendapatkan anugerah terbaik peringkat dua selama dua tahun berturut-turut. Artinya, kerja jurnal diarahkan untuk membangun komitmen mutu yang menjadi standar PTKIS.

About Humas tarbiyah

Check Also

Prodi PGMI Safari Romadhan Di MIN 1 Dan MIN 2 Kota Kediri

Fakultas Tarbiyah melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah melakukan kegiatan Safari Romadhon Di MIN 1 …